logo 9d home

5 CARA JITU MENGUBAH RUANGAN KECIL TAMPAK LEBIH BESAR VERSI 9DHOME

MENGUBAH RUANGAN KECIL TAMPAK LEBIH BESAR

RUMAH KECIL BUKANLAH MASALAH BESAR. ANDA DAPAT MENGUBAH RUANGAN KECIL DI RUMAH TERASA LEBIH BESAR DENGAN 5 CARA JITU YANG SEDERHANA, VERSI 9DHOME.

Sekarang ini, banyak orang lebih memilih untuk membangun rumah kecil atau yang biasa disebut dengan rumah minimalis. Hal ini dikarenakan terbatasnya lahan tanah di Jakarta untuk membangun rumah. Alhasil, tidak semua orang dapat membangun rumah yang besar dan luas sesuai harapannya.

Tentu ada perbedaan yang cukup jelas antara rumah yang luas dengan rumah yang kecil atau minimalis. Dengan kondisi rumah yang luas, pemilik rumah sangat leluasa dalam menata perabot rumah dan tidak dipusingkan dengan pengaturan ruang.

Lain halnya dengan kondisi rumah yang kecil. Penghuni di rumah ini mungkin pernah mengalami masa-masa tidak nyaman, cemas dan ingin meninggalkan ruang ketika masuk ke dalam sebuah ruangan yang kecil. Terkadang, desain interior ruanganlah yang menyebabkan Anda merasa seperti itu.

Jangan stres. Anda dapat membuat perubahan di desain interior dan perabot rumah agar memiliki pengaruh yang positif salah satunya membuat ruang kecil di rumah tampak lebih besar. Berikut lima cara sederhananya.

Penempatan cermin

Penempatan Cermin yang Efektif untuk Meningkatkan Kesan Ruangan Lebih Besar

Cermin merupakan sahabat yang baik untuk ruang kecil. Dikarenakan cermin memantulkan cahaya ke seluruh ruangan sehingga membantu untuk mencerahkan, terlebih membuat ruangan terasa lebih besar. Untuk hasil terbaik, gantunglah cermin di seberang jendela. Hal ini akan memaksimalkan pantulan cahaya ke dalam ruangan. Titik lain yang tak kalah baiknya adalah seberang pintu. Hal ini akan memberikan persepsi ruangan menjadi lebih lebar.

Cermin memiliki peran penting dalam menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar dan terang. Dengan cara cermin memantulkan cahaya ke seluruh ruangan, Anda dapat mengubah tampilan dan suasana ruang kecil menjadi lebih luas dan nyaman. Untuk mencapai hasil terbaik dalam menempatkan cermin, ada beberapa lokasi yang perlu Anda pertimbangkan.

  1. Gantung Cermin di Seberang Jendela Salah satu cara paling efektif untuk memanfaatkan cermin adalah dengan menggantungnya di seberang jendela. Ini memungkinkan cermin untuk memantulkan cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan. Dengan demikian, cahaya alami akan tersebar lebih merata, menciptakan kesan ruangan yang lebih terang dan luas. Pastikan untuk memilih cermin yang cukup besar untuk mencapai efek yang diinginkan.

  2. Letakkan Cermin di Seberang Pintu Selain jendela, lokasi lain yang sangat baik untuk menempatkan cermin adalah di seberang pintu. Dengan cara ini, saat seseorang memasuki ruangan, mereka akan melihat cermin terlebih dahulu. Hal ini memberikan kesan bahwa ruangan lebih besar daripada yang sebenarnya. Juga, cermin di pintu memberikan kesan sambutan dan menyenangkan bagi siapa pun yang datang.

  3. Cermin di Dinding Berlawanan Jika Anda memiliki ruangan yang cukup besar, pertimbangkan untuk meletakkan cermin besar di dinding yang berlawanan satu sama lain. Ini akan menciptakan efek seperti ruangan yang berlanjut ke dalam, menciptakan tampilan yang sangat luas dan terbuka. Pastikan cermin tersebut ditempatkan pada tinggi yang tepat sehingga mencerminkan seluruh ruangan.

  4. Cermin di Antara Pintu atau Jendela Ganda Jika Anda memiliki pintu atau jendela ganda, Anda bisa menempatkan cermin di antara keduanya. Ini akan menciptakan kesan simetri yang estetis dan membantu menciptakan kesan ruangan yang lebih besar. Pastikan cermin tersebut sejajar dengan pintu atau jendela untuk mencapai efek yang diinginkan.

  5. Cermin di Koridor atau Lorong Untuk ruangan yang panjang seperti koridor atau lorong, cermin dapat membantu memecah tampilan yang monoton dan membantu menciptakan kesan ruangan yang lebih panjang. Anda bisa menggantung cermin di dinding sepanjang koridor untuk menghadirkan nuansa yang lebih menarik.

Dalam memilih cermin dan menempatkannya, pertimbangkan juga gaya dekorasi dan tema ruangan Anda. Cermin dapat menjadi elemen dekoratif yang sangat menarik, selain dari manfaat fungsionalnya. Dengan penempatan yang tepat, cermin akan menjadi sahabat setia untuk membuat ruangan terasa lebih besar dan cerah, menciptakan ruang yang nyaman dan menyenangkan bagi Anda dan tamu-tamu Anda.

tirai untuk rumah minimalis

Memanfaatkan Tirai sebagai Solusi Memperluas Ruangan Sempit

Tirai adalah salah satu elemen dekoratif yang sering diabaikan dalam mendesain ruangan. Namun, dengan pemasangan yang tepat, tirai dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk memberikan kesan ruangan yang lebih besar, terang, dan luas. Jika Anda memiliki ruangan yang terlihat sempit, pertimbangkan beberapa tips berikut untuk memaksimalkan manfaat dari tirai.

1. Menggantung Tirai Tinggi
Salah satu cara paling efektif untuk membuat ruangan kecil terlihat lebih besar adalah dengan menggantung tirai mendekati langit-langit. Dengan cara ini, mata Anda akan tertuju ke atas, menciptakan kesan ketinggian yang lebih besar dalam ruangan. Gantung batang tirai sejajar dengan langit-langit atau setidaknya beberapa inci di atas jendela. Ini akan menciptakan kesan vertikal yang memperpanjang dinding, sehingga ruangan terasa lebih tinggi dan luas.

2. Gunakan Batang Tirai yang Lebih Panjang
Untuk menciptakan tampilan yang lebih estetis dan fungsional, pilih batang tirai yang lebih panjang dari lebar jendela Anda. Saat Anda menarik tirai untuk membuka, mereka akan melewati lebar jendela, memungkinkan cahaya matahari masuk dengan maksimum. Pencahayaan alami adalah kunci untuk menciptakan tampilan ruangan yang lebih terang dan luas. Selain itu, tirai yang melewati jendela akan memberikan kesan dinding yang lebih besar saat mereka tertutup.

3. Gunakan Tirai Warna Terang atau Transparan
Pilihan warna tirai juga dapat memengaruhi tampilan ruangan. Tirai dengan warna terang atau transparan lebih baik untuk ruangan yang sempit. Warna terang akan mencerminkan lebih banyak cahaya dan menciptakan kesan ruangan yang lebih terang. Sementara tirai transparan akan membiarkan cahaya alami masuk ke dalam ruangan tanpa menghalangi pandangan, memberikan tampilan yang lebih terbuka.

4. Pilih Pola atau Desain yang Sederhana
Saat memilih tirai, pertimbangkan juga pola atau desainnya. Hindari tirai yang terlalu berat dengan pola yang rumit, karena hal ini dapat membuat ruangan terasa lebih sempit. Pilih tirai dengan pola atau desain yang sederhana, yang akan memberikan tampilan yang bersih dan minimalis, membantu menciptakan kesan ruangan yang lebih luas.

Dengan memperhatikan cara pemasangan dan pemilihan tirai yang tepat, Anda dapat mengubah tampilan ruangan yang sempit menjadi lebih besar, terang, dan nyaman. Tirai bukan hanya sebagai elemen dekoratif, tetapi juga sebagai alat praktis untuk menciptakan atmosfer yang sesuai dengan preferensi Anda. Dengan menggantung tirai tinggi, menggunakan batang tirai yang lebih panjang, dan memilih warna serta desain yang tepat, Anda dapat mengubah ruangan sempit menjadi tempat yang nyaman dan estetis.

pemilihan warna dinding untuk rumah minimalis

Hitam atau Putih: Pilihan Warna Dinding yang Membuat Ruangan Kecil Terlihat Luas

Pemilihan warna dinding adalah salah satu aspek penting dalam merancang ruangan, terutama jika Anda memiliki ruangan yang terbatas dalam hal ukuran. Pilihan warna dinding dapat memengaruhi tampilan dan atmosfer ruangan secara signifikan. Untuk ruangan kecil, ada dua pilihan utama yang efektif: dinding yang sangat terang atau sangat gelap. Hindari warna abu-abu, karena itu mungkin tidak memberikan efek yang sama.

1. Warna Dinding Sangat Terang:
Dinding dengan warna sangat terang seperti putih adalah pilihan yang sering digunakan untuk ruangan kecil. Warna terang akan mencerminkan cahaya dengan baik dan menciptakan tampilan yang terang dan terbuka, mirip dengan suasana museum seni. Ruangan dengan dinding berwarna terang akan terlihat lebih luas dan bersih. Efeknya adalah menciptakan perasaan lapang yang sangat diperlukan dalam ruangan kecil.

2. Warna Dinding Sangat Gelap:
Meskipun mungkin terdengar kontrast, dinding dengan warna sangat gelap juga dapat membuat ruangan kecil terlihat lebih besar. Warna seperti hitam atau merah tua memberikan tampilan yang dramatis dan berkelas. Dinding gelap menciptakan kedalaman visual, yang memberikan kesan bahwa dinding-dinding itu bergerak ke belakang, sehingga ruangan terasa lebih luas. Ini berfungsi terutama jika Anda memiliki sumber cahaya alami yang baik di ruangan, karena cahaya alami akan terkontraskan dengan indah oleh dinding gelap.

3. Cahaya Alami sebagai Aspek Penting:
Penting untuk mencatat bahwa cahaya alami memiliki peran besar dalam memengaruhi tampilan ruangan. Apapun warna dinding yang Anda pilih, memastikan bahwa cahaya alami dapat masuk dengan baik adalah kunci. Jendela yang besar, pencahayaan yang efisien, dan penempatan cermin strategis dapat membantu menciptakan efek yang diinginkan, baik pada dinding berwarna terang maupun gelap.

Selain warna dinding, pertimbangkan juga elemen dekorasi dan furnitur dalam ruangan Anda. Padukan warna dinding dengan furnitur dan dekorasi yang sesuai agar menciptakan tampilan yang seimbang dan estetis. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan pemilihan warna aksen atau aksesoris untuk memberikan sentuhan khusus pada ruangan Anda.

Dengan pemilihan warna dinding yang tepat dan perencanaan pencahayaan yang baik, Anda dapat mengubah ruangan kecil menjadi ruang yang lebih luas, terang, dan sesuai dengan gaya Anda. Ingatlah bahwa tidak ada warna yang benar atau salah; yang penting adalah menciptakan atmosfer yang sesuai dengan preferensi Anda dan membuat ruangan terasa nyaman dan memikat.

furniture minimalis

Mengoptimalkan Ruangan Kecil: Pertimbangan Jumlah Furniture dan Dekorasi

Mengatur ruangan yang kecil bisa menjadi tantangan tersendiri dalam desain interior. Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah menempatkan terlalu banyak furniture dan dekorasi di dalam ruangan yang memiliki ruang terbatas. Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya memperhatikan jumlah furniture dan dekorasi dalam ruangan kecil.

1. Hindari Overcrowding
Ruangan yang kecil sudah memiliki keterbatasan dalam ruang fisiknya, oleh karena itu, menambahkan terlalu banyak furniture hanya akan membuatnya terasa semakin sempit. Hindari overcrowding dengan hanya memasukkan perabot yang benar-benar diperlukan dan berguna dalam kehidupan sehari-hari. Evaluasi setiap item furnitur dan pertimbangkan apakah itu benar-benar perlu dalam ruangan tersebut.

2. Sederhanakan Furnitur
Pilih furnitur yang memiliki desain sederhana dan ringkas. Furnitur dengan kaki yang terlihat atau transparan, seperti meja kaca atau kursi dengan kaki metal, bisa membantu menciptakan tampilan yang lebih ringan dan terbuka dalam ruangan kecil. Hindari furnitur yang terlalu besar atau berat, yang dapat mendominasi ruangan.

3. Multi-Fungsi
Pertimbangkan furnitur yang memiliki fungsi ganda atau penyimpanan tersembunyi. Misalnya, tempat tidur dengan laci di bawahnya atau meja makan lipat. Hal ini akan membantu menghemat ruang dan mengurangi kebutuhan akan furniture tambahan.

4. Focal Point yang Tepat
Dalam ruangan kecil, pilih satu elemen dekoratif atau furnitur yang akan menjadi focal point ruangan. Ini bisa berupa lukisan besar, cermin indah, atau perabot yang unik. Memilih satu elemen ini akan memberikan fokus pada ruangan dan menghindari terlalu banyak distraksi visual.

5. Perabot yang Transparan
Perabot dengan material transparan atau cermin juga dapat membantu menciptakan ilusi ruang yang lebih besar. Meja kaca, meja dengan kaki terlihat, atau lemari dengan pintu kaca adalah contoh perabot yang bisa membantu menciptakan tampilan yang lebih terbuka.

6. Pengaturan Furniture yang Efisien
Pertimbangkan pengaturan furniture yang efisien dengan menghindari blokade jalur utama. Pastikan pintu dan jendela tetap bebas dan mudah diakses. Gunakan sudut ruangan secara optimal dengan memanfaatkan perabot berbentuk sudut.

Dengan memperhatikan jumlah furniture dan dekorasi yang Anda tempatkan di dalam ruangan yang kecil, Anda dapat menciptakan tampilan yang lebih teratur, terbuka, dan nyaman. Ingatlah bahwa sederhana seringkali lebih baik dalam ruangan kecil, dan berfokus pada elemen penting dan kualitas furnitur akan membantu meningkatkan estetika dan fungsi ruangan Anda.

Ukuran yang Besar Pilihan yang Tepat

Menghadirkan Elemen Besar dalam Ruangan Kecil

Dalam desain interior, ukuran ruangan seringkali menjadi kendala yang harus dihadapi. Ruangan yang kecil dapat terasa sempit dan kurang nyaman jika tidak dirancang dengan baik. Salah satu trik efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan karya seni atau aksesori berukuran besar dalam ruangan kecil. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan mengapa ukuran besar adalah pilihan yang tepat dan bagaimana hal ini dapat membantu menciptakan ilusi ruang yang lebih luas.

1. Fokus Utama dalam Ruangan
Menggantung karya seni berukuran besar atau menempatkan aksesori besar di dinding dapat memberikan elemen fokus yang dominan dalam ruangan kecil. Mata Anda secara alami akan tertarik pada objek besar tersebut, sehingga mengalihkan perhatian dari ukuran kecil ruangan. Hal ini menciptakan kesan bahwa ruangan lebih dari sekadar ukurannya, yang bisa sangat mempengaruhi persepsi visual.

2. Menghindari Penyempitan
Terlalu banyak dekorasi atau aksesori kecil dalam ruangan kecil dapat membuatnya terasa lebih sempit dan penuh sesak. Dengan menghadirkan elemen berukuran besar, Anda mengurangi jumlah objek kecil yang dapat membuat ruangan terlihat lebih padat. Ini memberikan perasaan ruang yang lebih terbuka dan lega.

3. Pilihan yang Memadai
Ketika memilih karya seni atau aksesori berukuran besar, pastikan untuk memilih sesuatu yang sesuai dengan gaya dekorasi Anda. Pilih karya seni atau aksesori yang Anda cintai dan yang akan mengkomplementasi desain ruangan Anda. Dengan begitu, elemen besar ini akan menjadi bukan hanya solusi fungsional, tetapi juga tambahan estetis yang menyempurnakan tampilan ruangan.

4. Menciptakan Dimensi dan Kedalaman
Elemen berukuran besar juga dapat menciptakan dimensi dan kedalaman dalam ruangan. Ketika ditempatkan dengan bijak, mereka memberikan perasaan bahwa ruangan tersebut memiliki lebih banyak lapisan dan ruang, meskipun sebenarnya tidak. Ini adalah ilusi visual yang dapat membantu mengubah persepsi ruang Anda.

5. Bukan Hanya untuk Dinding
Meskipun karya seni berukuran besar seringkali digunakan sebagai elemen fokus di dinding, Anda juga dapat mempertimbangkan elemen berukuran besar lainnya, seperti lampu gantung besar atau furnitur utama yang mencolok. Semua ini dapat memberikan dampak visual yang sama dalam menciptakan tampilan yang lebih terbuka.

Dengan memanfaatkan elemen berukuran besar dalam desain interior, Anda dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih besar, terbuka, dan nyaman dalam ruangan yang kecil. Sebagai solusi yang sederhana namun efektif, penggunaan karya seni besar atau aksesori berukuran besar akan mengubah tampilan ruangan Anda, membuatnya lebih menarik dan nyaman untuk dihuni. Semoga trik ini membantu Anda memaksimalkan potensi ruangan kecil Anda.

the-tonik-4x1AyuOTIgo-unsplash.jpg
ann-KzamVRUeL4I-unsplash.jpg
Sapien eget mi proin sed libero enim. Tristique nulla aliquet enim tortor at. Sapien nec sagittis aliquam malesuada bibendum arcu vitae elementum curabitur. Id diam maecenas ultricies mi eget mauris pharetra et ultrices. Ac placerat vestibulum lectus mauris ultrices eros in cursus. In eu mi bibendum neque egestas congue quisque egestas. Porttitor massa id neque aliquam vestibulum. Neque viverra justo nec ultrices.
Christy Thomas

Christy Thomas

Felis donec et odio pellentesque diam volutpat commodo sed egestas. Mi ipsum faucibus vitae aliquet nec. Venenatis lectus magna fringilla urna

Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *