logo 9d home
Search
Close this search box.

5 rekomendasi sofa ruang tamu yang nyaman & elegan

specialagent9d_SOFA_AESTHETIC_KOREAN_STYLE_cf87bc23-0f2d-4aa3-9ddf-a1d08e6aa0f7

Jenis bahan atau material sofa dan tips perawatannya 

Saat akan membeli sofa, salah satu hal utama yang pastinya dipertimbangkan adalah bahan atau material. Karena setiap bahan memiliki ciri khas serta cara perawatan yang berbeda, ini juga akan mempengaruhi harga dari sofa itu sendiri. Yuk kita kenali dulu bahan atau material sofa yang paling banyak dijual dan mudah ditemukan. 

  1. Bahan kain 
    Sofa dari bahan kain termasuk salah satu jenis sofa yang paling banyak diminati dan dijual di pasaran. Sofa ini juga biasanya dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan sofa dengan bahan lainnya. Untuk jenis kain yang dipakai biasanya adalah bahan linen, katun, wol, dan juga mikrofiber. Sofa dari bahan kain ini juga biasanya memiliki model yang minimalis dan juga modern. 

    Selain harganya yang  lebih terjangkau, sofa ini dianggap lebih nyaman karena biasanya dilapisi oleh busa tebal yang membuatnya menjadi lebih empuk. Sofa bahan kain juga akan terasa lebih adem saat diduduki dibandingkan sofa dengan bahan lainnya. Bahan kain juga akan lebih mudah dibersihkan serta dirawat. 

    Namun, bahan ini sangat rentan terhadap noda dan tidak tahan air. Bahan kain juga sering menjadi tempat bertumpuknya debu dan menimbulkan alergi pada anggota keluarga. Beberapa bahan kain juga memerlukan perawatan yang intensif agar warna dan kualitasnya bisa tetap awet dan terjaga. 

    Beberapa tips merawat sofa berbahan kain: 
    – Menggunakan penyedot debu secara rutin untuk mengangkat debu-debu yang menempel 
    – Jika ada makanan atau minuman berwarna yang tumpah ke sofa, segera bersihkan dengan kain bersih atau tisu untuk menyerap cairannya 
    – Menggunakan pelindung sofa untuk menghindari paparan matahari langsung, debu, serta kotoran agar tidak langsung menempel pada sofa 
    – Jangan lupa untuk mencuci penutup sofa yang bisa dilepas pasang dan sarung bantal secara berkala 
    – Menggunakan jasa perawatan profesional secara berkala untuk membersihkan sofa secara keseluruhan sampai bagian terdalam dan agar warna bahan kain tetap terjaga. 
     
  2. Bahan kulit 
    Jika sofa bahan kain terkenal karena harganya yang terjangkau, sofa bahan kulit terkenal dengan harganya yang mahal dan desainnya yang terlihat mewah. Namun banyak juga yang menjual sofa dengan bahan kulit sintetis sebagai alternatif sofa kulit dengan harga yang lebih terjangkau.  

    Selain desainnya yang mewah dan elegan, sofa bahan kulit juga memiliki kelebihan lain yang membuat harganya cukup mahal, antara lain; lebih tahan lama, perawatan tergolong mudah, tidak menyerap debu, tahan noda, dan juga tahan terhadap suhu ekstrim. Sofa kulit juga memiliki aroma khas yang menimbulkan nuasa mewah dan eksklusif pada ruangan. 
    depo 15 freebelt 25
    Beberapa  tips merawat sofa kulit: 
    – Lap sofa secara rutin dengan kain bersih 
    – Jika terkena tumpahan cairan, segera bersihkan dan hindari penggunaan cairan kimia berlebih 
    – Hindari sofa dengan paparan sinar matahari secara langsung 
    – Gunakan juga perawatan kondisioner kulit bila diperlukan 
     
  3. Bahan kayu dan bambu 
    Selanjutnya yaitu sofa dari kayu atau bambu yang biasanya digunakan untuk ruangan terbuka. Namun sofa dari bahan ini tentunya juga cocok untuk di dalam ruangan karena memberikan nuansa alami yang indah. Sofa dari material ini juga lebih ramah lingkungan karena tentunya dapatnya didaur ulang. 

    Selain ramah lingkungan, sofa dari bahan ini juga bisa Anda perbaharui tampilannya dengan mengecat ulang sofa dengan warna yang diinginkan. Sama seperti bahan kulit, sofa dari bambu atau kayu juga tidak menyerap debu sehingga cocok untuk Anda yang memiliki alergi terhadap debu. Sofa kayu atau bambu tentunya juga lebih ringan dibandingkan sofa bahan lainnya. 

    Berikut beberapa tips merawat sofa bahan kayu ataupun bambu: 
    – Bersihkan sofa dengan kain bersih secara rutin 
    – Hindari menempatkan sofa pada tempat yang lembab ataupun yang terkena paparan matahari secara langsung. Sebaiknya tempatkan sofa pada tempat yang kering dan memiliki sirkulasi udara yang bagus 
    – Hindari penggunaan bahan kimia yang keras untuk membersihkan sofa 
    – Gunakan cairan pelindung untuk kayu dan bambu bila diperlukan  
     
  4. Bahan metal 
    Yang terakhir ada sofa dari bahan metal. Sofa dari bahan ini biasanya sering digunakan untuk ruang luar ataupun ruang terbuka. Berbeda dari sofa bahan kayu atau bambu yang memberikan nuasa alami, sofa bahan metal memberikan kesan lebih modern. Sofa dengan material ini juga dinilai lebih tahan lama karena bahannya yang kuat. 

    Kelebihan lainnya yang dimiliki material ini adalah tahan di cuaca yang cukup ekstrim. Selain itu, rangka sofa bahan metal ini juga cukup ringan sehingga mudah untuk dipindah-pindahkan. Namun, Anda perlu berhati-hati saat memindahkannya karena dapat menimbulkan suara berderak saat bergesekan dengan permukaan lantai. Anda juga perlu menambahkan dudukan bantal pada sofa agar saat duduk terasa lebih nyaman. 

    Berikut beberapa tips perawatan sofa bahan metal: 
    – Lap sofa dengan kain bersih secara rutin dengan kain agar bersih dari debu dan jika terkena hujan, segera lap sofa dari sisa air hujan untuk mencegah korosi 
    – Pertimbangkan untuk mengaplikasikan cat atau pelapis anti karat untuk mencegah korosi dan karat 
    – Hindari menempatkan sofa pada tempat yang lembab dan usahakan menempatkan sofa pada tempat yang kering
the-tonik-4x1AyuOTIgo-unsplash.jpg
ann-KzamVRUeL4I-unsplash.jpg
Sapien eget mi proin sed libero enim. Tristique nulla aliquet enim tortor at. Sapien nec sagittis aliquam malesuada bibendum arcu vitae elementum curabitur. Id diam maecenas ultricies mi eget mauris pharetra et ultrices. Ac placerat vestibulum lectus mauris ultrices eros in cursus. In eu mi bibendum neque egestas congue quisque egestas. Porttitor massa id neque aliquam vestibulum. Neque viverra justo nec ultrices.
Picture of Christy Thomas

Christy Thomas

Felis donec et odio pellentesque diam volutpat commodo sed egestas. Mi ipsum faucibus vitae aliquet nec. Venenatis lectus magna fringilla urna

Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *