logo 9d home

7 Prinsip Menata Interior untuk Desain Rumah Minimalis Modern Versi 9Dhome.

7 Prinsip Menata Interior untuk Desain Rumah Minimalis Modern Versi 9Dhome.
7 Prinsip Menata Interior untuk Desain Rumah Minimalis Modern Versi 9Dhome.

7 gaya interior desain untuk rumah minimalis modern yang cocok bagi rumah idaman dan rumah cantik bagi keluarga versi 9Dhome

Desain rumah minimalis modern sangat populer di Indonesia karena fokus pada penggunaan elemen bangunan yang efisien dan menghindari dekorasi berlebihan. Gaya ini diawali oleh arsitek Ludwig Mies van der Rohe pada abad ke-20 dengan konsep clean and simple, yang kini dikenal dengan istilah “less is more” dan menjadi ciri khas desain rumah minimalis modern.

Rumah minimalis modern sedang hits di Indonesia karena sederhana dan efisien. Fasad rapi dan ruangan yang terbuka membuat rumah terlihat luas dan terang. Kamu tidak perlu lahan besar atau banyak budget untuk punya rumah impian. Meski lahan dan budget terbatas, kamu bisa bikin rumah minimalis sederhana tapi nyaman. Yang penting, sesuaikan desain interior dengan konsep rumahmu. Baca artikel ini untuk pilihan desain interior yang pas buat rumah minimalis modernmu.

Prinsip Menata Interior Design Rumah Minimalis Modern

Menata interior desain rumah minimalis modern masih menggunakan konsep yang sama, yaitu sederhana dan efisien. Dikutip dari Hoouz, teori less is more adalah tentang bagaimana mendapatkan desain rumah yang baik melalui kesederhanaan. Bagaimana caranya? Simak 7 Prinsip Menata Interior Design Rumah Minimalis Modern versi 9Dhome berikut!

7 Prinsip Menata Interior untuk Desain Rumah Minimalis Modern Versi 9Dhome.

Pemilihan Material yang Estetis dan Berkualitas Baik

Ketika kamu memilih material untuk perabot atau elemen desain dalam rumahmu, pilihlah yang estetis dan berkualitas baik. Material seperti ini akan memiliki daya tarik visual yang kuat, sehingga kamu tidak perlu menambahkan dekorasi tambahan. Keindahan materialnya sudah cukup untuk membuat ruangan terlihat cantik tanpa perlu sentuhan tambahan.

Hal yang sama berlaku untuk pemilihan tempat tidur. Memilih tempat tidur dengan kualitas baik tidak hanya memastikan kenyamanan saat tidur, tetapi juga dapat mengurangi kebutuhan akan dekorasi tambahan di sekitar tempat tidur. Dengan tempat tidur yang berkualitas, desain kamar tidur bisa terlihat lebih bersatu dan elegan tanpa perlu banyak hiasan tambahan. Jadi, pilihlah material dan tempat tidur dengan bijak untuk menciptakan ruangan yang estetis, nyaman, dan elegan tanpa perlu banyak dekorasi.

Penggunaan Satu Objek atau Furnitur yang Menonjol untuk Tiap Ruang

Dalam rumah minimalis modern, warna seragam biasanya dominan. Namun, untuk menambah daya tarik ruangan, kamu bisa memilih furnitur dengan warna yang mencolok. Warna yang berbeda pada furnitur akan menjadi titik fokus yang menarik perhatian dalam keseragaman warna ruangan.

Sebagai contoh, pemilihan pintu kabin dengan nuansa indigo dan kehadiran tanaman indoor pada gambar di atas dapat menjadi poin fokus utama ruangan. Pintu kabin yang berbeda warna dan tanaman indoor yang memberikan nuansa segar akan menjadi eye-catcher yang mencuri perhatian dalam desain keseluruhan ruangan. Dengan cara ini, meskipun rumah memiliki konsep minimalis modern, elemen-elemen yang mencolok seperti ini dapat memberikan nuansa keunikan dan menarik dalam ruangan.

7 Prinsip Menata Interior untuk Desain Rumah Minimalis Modern Versi 9Dhome.

Pemilihan Furnitur yang Sederhana

Dalam menerapkan konsep minimalis pada rumah, penting untuk memilih furnitur dengan desain yang sederhana agar sesuai dengan estetika keseluruhan rumah minimalis. Pemilihan jendela, kursi, dan rak dengan desain yang simpel akan membantu menciptakan tampilan yang kohesif dan tidak berlebihan dalam ruangan.

Meskipun memiliki desain sederhana, furnitur tersebut masih mampu memberikan sentuhan keindahan pada kamar tidur. Sebagai contoh, pemilihan jendela dengan desain yang simpel dapat memperindah pencahayaan dan membawa udara segar ke dalam ruangan. Kursi dengan desain minimalis tetap bisa memberikan kenyamanan dan fungsi tanpa mengganggu estetika keseluruhan.

Rak dengan desain sederhana juga dapat menjadi elemen dekoratif yang tidak hanya mempercantik ruangan tetapi juga memberikan fungsionalitas untuk penyimpanan. Jadi, meskipun menggunakan furnitur dengan desain minimalis, ruang kamar tidur tetap dapat terlihat menarik dan nyaman dengan sentuhan keindahan yang disesuaikan dengan konsep minimalis..

Penambahan Ragam Elemen Aksen

Dari kamar tidur tersebut, elemen-elemen desain tertentu dapat memperindah ruangan secara signifikan. Pertama, corak di bagian lantai memberikan dimensi tambahan pada ruang tidur, menciptakan variasi visual yang menarik dan menyegarkan. Penambahan efek di bagian atas, mungkin dalam bentuk ornamen atau cat khusus, dapat menjadi titik fokus yang mempercantik langit-langit kamar tidur.

Penggunaan aksen kayu yang disusun sejajar di dekat kepala tempat tidur memberikan sentuhan alami dan elegan pada ruangan. Kayu dapat menjadi elemen yang memberikan kehangatan dan kenyamanan visual dalam desain kamar tidur minimalis. Ini juga memberikan kesan seimbang dan menyatu dengan konsep rumah minimalis.

Pentingnya pencahayaan juga terlihat dalam desain kamar tidur ini. Penggunaan lampu yang disusun sedemikian rupa menciptakan suasana yang hangat dan nyaman, menciptakan atmosfer yang homey. Oleh karena itu, pemilihan lampu yang tepat dapat memberikan sentuhan akhir yang signifikan pada desain kamar tidur. Beragam jenis lampu dapat digunakan untuk menonjolkan elemen tertentu dan memberikan kesan yang berbeda, menambah keragaman dalam desain ruangan. Jadi, pastikan untuk tidak mengabaikan peran penting pencahayaan dalam menciptakan kamar tidur yang indah dan nyaman.

Penambahan Ragam Elemen Aksen, Menggunakan Warna-Warna Monochrome

Menggunakan Warna-Warna Monochrome

Warna Monochrome tidak hanya terbatas pada warna putih, hitam, atau abu-abu; sebenarnya, bisa mencakup seluruh spektrum warna. Istilah “monochrome” merujuk pada penggunaan gradasi dalam satu warna saja. Sebagai contoh, dalam desain kamar tidur, warna monochrome dapat diterapkan dengan menggunakan warna dasar seperti coklat. Kemudian, variasi turunan warna coklat, seperti coklat muda atau coklat tua, dapat dipadukan untuk menciptakan harmoni visual.

Dengan memilih satu warna dasar dan menggunakan berbagai nuansa atau gradasi dari warna tersebut, kamar tidur dapat memiliki tampilan yang seragam namun tetap menarik secara visual. Penggunaan gradasi warna memberikan dimensi tambahan pada ruangan, menciptakan kedalaman dan keberagaman tanpa mengorbankan kesatuan warna. Jadi, meskipun menggunakan warna monochrome, variasi dalam nuansa dapat memberikan keindahan dan keseimbangan dalam desain kamar tidur.

Membuat Banyak Ruang Terbuka

Ciri khas rumah minimalis adalah tampilannya yang terlihat lebih luas dan rapi. Ini dicapai dengan memberikan setiap elemen dalam ruangan cukup ruang untuk menonjolkan dirinya sendiri. Sebagai contoh, jika kita melihat gambar kamar tidur, meskipun terdapat kasur besar dan rak, ruangan tetap terlihat luas dan terorganisir dengan baik.

Dalam desain rumah minimalis, prinsip ini diterapkan dengan memberikan ruang yang cukup di antara setiap elemen. Tidak ada tumpukan yang berlebihan atau penumpukan elemen, sehingga menciptakan kesan lapang dan rapi. Ruangan yang luas ini dapat dicapai dengan pemilihan furnitur yang sesuai skala dan penempatan yang strategis, memastikan setiap elemen dapat berdiri sendiri tanpa terlihat terlalu penuh.

Dengan merancang rumah minimalis seperti ini, kita dapat menciptakan atmosfer yang bersih, teratur, dan memberikan kesan ruang yang lebih besar dan terorganisir meskipun dengan elemen-elemen yang sebenarnya cukup besar.

7 Prinsip Menata Interior untuk Desain Rumah Minimalis Modern Versi 9Dhome.

Bawa Masuk Pemandangan dari Luar Ruangan

Jika kamu mempunyai taman bunga atau pemandangan luar rumah, bawalah masuk ke dalam rumah dengan memanfaatkan jendela kaca. Rumah kamu akan terlihat semakin terang dan memesona.

Desain Interior Rumah Minimalis Modern

Dalam desain interior rumah, tidak perlu khawatir dengan ukuran rumah tipe 36 atau tipe 45 yang terbatas. Kamu dapat memilih antara rumah dua lantai, rumah minimalis satu lantai, atau rumah tipe 45 dua lantai. Konsultasikan ide-idemu dengan arsitek dan desainer interior seperti Indesain.id, Dekoruma, Fabelio, yang akan disesuaikan dengan keinginan dan budgetmu. Dengan begitu, meskipun rumah sederhana, namun tetap nyaman dan sesuai dengan keinginanmu.

 

Dikutip dari dekorumah, beberapa gaya desain ini bisa kamu jadikan inspirasi lho!

Gaya Minimalis Modern Pop Retro

Desain interior dalam gaya pop retro mengambil inspirasi dari era 1960-an. Gaya ini ditandai dengan penggunaan warna cerah, penekanan pada aksen beragam, dan motif geometris yang berulang. Untuk menciptakan atmosfir retro, disarankan untuk memajang lukisan pop art, seperti karya-karya yang menggambarkan The Beatles atau Marilyn Monroe. Interior dari ruang tamu satu lantai yang minimalis ini menggunakan palet warna cerah dengan motif geometris, memberikan kesan yang penuh semangat dan ceria.

Gaya Minimalis Modern Eclectic

Gaya Eclectic merupakan gaya desain interior yang mengombinasikan berbagai gaya desain untuk membentuk satu kesatuan. Interior rumah ini mencampur gaya minimalis modern yang menekankan kesederhanaan dan efisiensi ruang, dengan gaya industrial yang ditandai oleh penggunaan dinding bata terbuka, jendela besar, dan unsur-unsur struktural serta mekanik seperti pipa dan balok langit-langit yang sengaja dibiarkan terbuka.

Gaya Minimalis Modern Vintage

Fokus pada desain dan furnitur era 1940-1950an, gaya vintage mengedepankan penggunaan warna pastel, ornamen kayu, dan motif bunga pada dekorasi. Kamar tidur anak ini terletak di bagian atap rumah, dengan dinding berbalut wallpaper bermotif bunga, tempat tidur yang simpel berwarna pastel, dan lantai kayu, menciptakan tampilan yang manis. Selain itu, desain ini juga mengoptimalkan ruang dengan menggabungkan dua kamar tidur menjadi satu.

Gaya Minimalis Modern Rustic

Gaya rustic ditandai oleh kesan alami yang berasal dari bahan dengan tekstur kasar dan tidak dihaluskan, terutama kayu. Palet warna yang digunakan mencerminkan warna alam. Desain interior rumah ini menggunakan kayu yang masih kasar untuk atap dan dinding, ditemani oleh perabot kayu lainnya, dan dinding batu, menciptakan suasana rumah yang alami, bergaya, dan penuh kehangatan.

Menurut survey yang dilakukan Houzz dan diikuti lebih dari 6.000 responden, sebanyak 87% mengatakan bahwa desain rumah mempengaruhi tingkat kebahagian penghuni rumah, jadi kamu harus mempertimbangkan mulai denah rumah, desain interior, pemilihan warna, dan sebagainya yang sesuai dengan konsep rumah impianmu.

Huni.id bisa membantu kamu menemukan hunian yang sesuai dengan selera. Dengan fitur yang ada, kamu bisa melihat detail rumah termasuk desain interior rumah, sehingga kamu bisa memilih hunian yang sesuai dengan kriteria kamu tanpa perlu bersusah-susah mencari. Ditambah dengan adanya fitur chat agen akan semakin memudahkan kamu dalam memilih. Selamat mencari hunian!

 

the-tonik-4x1AyuOTIgo-unsplash.jpg
ann-KzamVRUeL4I-unsplash.jpg
Sapien eget mi proin sed libero enim. Tristique nulla aliquet enim tortor at. Sapien nec sagittis aliquam malesuada bibendum arcu vitae elementum curabitur. Id diam maecenas ultricies mi eget mauris pharetra et ultrices. Ac placerat vestibulum lectus mauris ultrices eros in cursus. In eu mi bibendum neque egestas congue quisque egestas. Porttitor massa id neque aliquam vestibulum. Neque viverra justo nec ultrices.
Christy Thomas

Christy Thomas

Felis donec et odio pellentesque diam volutpat commodo sed egestas. Mi ipsum faucibus vitae aliquet nec. Venenatis lectus magna fringilla urna

Read More

satu Respon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *