logo 9d home

8 DESAIN RUANG BERMAIN ANAK, ASAH IMAJINATIF & KREATIVITAS!

template-Recovered-Recovered-Recovered copy

Memiliki ruang kosong di rumah dan bingung ingin digunakan untuk apa? Anda bisa mempersiapkan sebuah ruangan khusus untuk si buah hati. Ciptakan ruang bermain anak yang membuat mereka semakin betah dan nyaman berada di rumah.

Tak hanya sekadar tempat bermain, ruang bermain anak juga perlu memiliki fungsional yang dapat mengasah kemampuan imajinasi dan kreativitas anak. Hal tersebut sangat penting untuk perkembangan kognitif, sensorik, dan motorik anak-anak.

Sebagai orang tua, tentunya Anda tidak ingin mengecewakan buah hati dengan suasana ruang yang tidak mereka sukai. 

Untuk itu, berikut kami hadirkan beberapa desain ruang bermain anak yang dapat menjadi inspirasi Anda. Dijamin anak Anda akan dibuat jatuh hati dengan konsepnya!

1. Berani Colourful, Warnai Hari Si Buah Hati

Jika Anda lebih menyukai warna-warna netral sebagai saturasi interior rumah Anda, lain halnya dengan ruang yang dibuat khusus untuk anak tercinta. Ruang bermain anak dimaksudkan untuk menginspirasi kreativitas mereka.

Anak-anak tentu lebih menyukai warna-warna yang bervariasi serta mencolok. Anda bisa mengaplikasikan warna-warna cerah pada elemen lantai dan langit. Pola geometris serta motif yang ekspresif juga dapat Anda hadirkan di sisi dindingnya.

Ruangan yang dapat membuat anak-anak tertarik dengan tampilan visualnya akan meningkatkan semangat mereka dalam menjalani hari produktifnya.

2.Fungsional dengan Sofa Bed

Setelah bergerak aktif dan mengeksplor segala permainan dalam ruang bermainnya, sang anak mungkin bisa merasakan kelelahan karena energinya menurun. 

Sediakan ruang bermain yang juga memberikan kenyamanan sang anak. Memiliki waktu tidur yang cukup menjadi hal yang diperhatikan oleh orang tua kepada si buah hati.

Terkadang anak-anak akan lupa dengan lelah dan kantuknya karena asyik bermain.

Menyediakan sofa bed pada ruang bermainnya adalah salah satu bentuk perhatian Anda sebagai orang tua.

3. Bermain Sambil Belajar

 Terkadang para orang tua mencemaskan jam main anak-anak yang terlampau lebih banyak dibandingkan waktu belajarnya. Itulah yang terus di wanti-wanti orang tua kepada sang anak.

Ruang bermain anak yang didesain dengan menyediakan fasilitas untuk mereka belajar, tentunya menjadi solusi yang cermat dan melegakan para orang tua. Potret desain satu ini bisa menjadi contoh untuk Anda.

Potongan-potongan huruf ataupun angka dengan tampilan puzzle dapat membantu anak untuk mudah menghafal dan mengenal huruf serta memperbanyak kosa kata yang mereka pahami.

4. Ajarkan Kemampuan Organisir Sedari Dini

Menyediakan ruang bermain untuk anak tentunya menjadi resiko bagi para ibu yang harus merapikan kekacauan setelah mereka bermain. Mainan-mainan yang berceceran di setiap sudut-sudut ruang pasti akan menjadi pemandangan yang biasa.

Tapi tidak perlu khawatir! Sediakan kotak penyimpanan seperti storage baskets yang tersusun rapi di dalam kabinet atau rak untuk menyimpan mainan-mainan serta peralatan bermain dan belajar lainnya. 

Tampilan storage baskets ini akan menarik perhatian sang anak agar mereka mau merapikan ruangan bermainnya. Berikanlah label untuk memisahkan jenis mainannya. Percayalah! Anak-anak akan merasa tertantang dan semangat melakukannya.

5. Undang Mereka Membaca Buku Favoritnya di Area Pojok Baca

Kehadiran pojok baca pada ruang bermain menjadi ide yang cemerlang. Tanyakan sang anak perihal buku-buku yang mereka gemari, berikanlah perhatian untuk membantunya mengoleksi buku yang menarik perhatiannya.

Tentukan area yang sekiranya dapat membuat anak Anda nyaman untuk membaca. Perhatikan pencahayaan yang cukup, seperti jendela sudut, atau dinding yang dapat menawarkan kesan nyaman. 

Jangan lupa sediakan alas sebagai tempat duduk mereka seperti bean bag, kanopi mini yang sesuai dengan selera mereka.

6. Hadirkan Sensasi Glamping Seru dengan Tenda yang Estetik

Menyediakan sebuah tenda untuk anak kini semakin populer dengan desain variatif yang digemari anak-anak. Kehadiran tenda menawarkan sudut yang tenang dan nyaman dalam area ruang bermain

7.Bergerak Aktif Melatih Sensorik Anak dengan Konsep Ala Outbound

Hadirkan sebuah ruangan yang dapat memicu sang anak untuk bergerak aktif di rumah. Wall climbing dalam ruangan? Tentu menjadi ide kreatif yang digemari anak-anak. 

Dibandingkan keaktifan mereka dihabiskan dengan berlari-larian tak tentu arah di dalam ruangan, buatlah mereka untuk tetap aktif dengan tantangan-tantangan olahraga yang juga membantu meningkatkan motorik mereka.

8.Chalkboard Wall Tentu Ide yang Menarik untuk Meningkatkan Kreativitas Anak

Biarkan anak-anak bercerita dan mengungkapkan apa yang ingin ia tulis pada  dinding papan tulis di ruang bermainnya. Dinding ini akan membuat mereka lebih mengekspresikan kreativitas mereka. 

Itu dia 8 desain ruang bermain anak yang dapat menginspirasi Anda untuk mewujudkan tempat yang dapat menemani keseharian sang buah hati. Bayangkan, betapa menyenangkannya menghadirkan ruang yang mengingatkan akan masa-masa yang menggembirakan sewaktu Anda kecil.

kunjungi situs web ini jika Anda adalah penggemar game dan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut! 

https://he1.me/ZSxPJ

the-tonik-4x1AyuOTIgo-unsplash.jpg
ann-KzamVRUeL4I-unsplash.jpg
Sapien eget mi proin sed libero enim. Tristique nulla aliquet enim tortor at. Sapien nec sagittis aliquam malesuada bibendum arcu vitae elementum curabitur. Id diam maecenas ultricies mi eget mauris pharetra et ultrices. Ac placerat vestibulum lectus mauris ultrices eros in cursus. In eu mi bibendum neque egestas congue quisque egestas. Porttitor massa id neque aliquam vestibulum. Neque viverra justo nec ultrices.
Christy Thomas

Christy Thomas

Felis donec et odio pellentesque diam volutpat commodo sed egestas. Mi ipsum faucibus vitae aliquet nec. Venenatis lectus magna fringilla urna

Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *