logo 9d home
Search
Close this search box.

Arsitektur Tropis: Rahasia Rumah Nyaman Bergaya Tropis

Desain Interior Rumah Tropis - Furnitur Tropis - Warna Tropis untuk Interior - Tanaman Hias dalam Rumah- Desain Kamar Mandi Tropis - Pencahayaan Alami - Desain Kolam Renang Tropis - Dekorasi Ruang Luar Tropis - Rumah Minimalis - Interior Design
9dhome – 22 Maret  2024, iklim panas dan lembab di daerah tropis mungkin menghadapi masalah serius, tetapi berkat prinsip-prinsip arsitektur tropis, kondisi iklim menjadi lebih nyaman. Tanpa basa-basi lagi, mari kita temukan solusi arsitektur berorientasi iklim ini dan secara global. 
Cara Fungsional dan Estetis dalam Kehidupan

Desain Interior Rumah Tropis - Furnitur Tropis - Warna Tropis untuk Interior - Tanaman Hias dalam Rumah- Desain Kamar Mandi Tropis - Pencahayaan Alami - Desain Kolam Renang Tropis - Dekorasi Ruang Luar Tropis - Rumah Minimalis - Interior DesignArchdaily – Bioclimatic Tropical Villa in Vietnam | T3 ARCHITECTS + Kanopea Architecture Studio

Sebagai iklim tropis melihat tingkat curah hujan dan kelembaban tinggi dan sinar matahari setiap tahun, suhu pada malam hari biasanya berkisar antara 25-27°C dan bahkan lebih hangat pada malam hari, antara 25-30°C. Kondisi ini mempengaruhi kebiasaan warga negara di di daerah tropis, tetapi juga mempengaruhi cara mereka memilih tempat tinggal.

Dikenal karena kesesuaian yang sangat baik di daerah tropis, dan bagaimana itu membantu mengatur suhu dalam ruangan, arsitektur tropis semakin menjadi pilihan utama untuk rumah, spa, bandara, dan bangunan lainnya untuk negara-negara yang terletak di sekitar garis khatulistiwa. Misalnya, bandara terbesar kedua di Filipina, Bandara Internasional Mactan-Cebu (MCIA) memiliki terminal, menampilkan atap miring tinggi dan bagian tepi rendah untuk melindungi ruang interior dari penahanan udara panas.
Melawan suhu panas menghasilkan desain eksklusif, yang menyatu dengan alam secara estetis, sambil memperhatikan keberlanjutan, pengaruh budaya, dan yang lebih penting, cara fungsi pertama dalam menciptakan identitas arsitektur.
Desain Pasif adalah Kuncinya

Desain Interior Rumah Tropis - Furnitur Tropis - Warna Tropis untuk Interior - Tanaman Hias dalam Rumah- Desain Kamar Mandi Tropis - Pencahayaan Alami - Desain Kolam Renang Tropis - Dekorasi Ruang Luar Tropis - Rumah Minimalis - Interior Design
Tampilan Fasad Luar Rumah yang memandangi taman hijau.

Ventilasi adalah salah satu hal yang harus direncanakan secara menyeluruh ketika membangun di iklim panas atau tropis. Ini adalah sesuatu yang dapat dicapai, pengaturan suhu ruangan membuat iklim bekerja sesuai kenyamanan kita. Dengan demikian, akan lebih sedikit kebutuhan akan sistem-sistem buatan untuk mencapai suhu nyaman untuk  kita semua cari di tempat perlindungan kita.

Misalnya, bangunan dangkal  berorientasi tegak lurus terhadap arah angin dengan bukaan di kedua sisi akan mempromosikan sirkulasi udara alami. Selanjutnya, hal itu akan membawa cahaya alami dan akan memungkinkan ventilasi silang jika diorientasikan dengan baik. Dengan desain tepat, pencahayaan buatan, sistem pendinginan, dan ventilasi mekanis tidak akan diperlukan sebanyak itu.

Sebagian besar rumah tropis juga memiliki atap menjulang besar atau sistem atap ganda untuk menangkal panas matahari dan kilau. Tetapi karena negara-negara tropis juga memiliki bulan-bulan basah, sudut sangat penting untuk memastikan air hujan mengalir menjauh dari bangunan, itulah sebabnya atap miring adalah pilihan tepat. Material atap adalah hal berikutnya  bisa membantu rumah menahan panas. Tanah liat tahan panas secara alami dan merupakan pilihan tradisional, tetapi atap logam reflektif juga dapat membuat bangunan tetap sejuk.

Arsitektur Tropis di Seluruh Dunia

Desain Interior Rumah Tropis - Furnitur Tropis - Warna Tropis untuk Interior - Tanaman Hias dalam Rumah- Desain Kamar Mandi Tropis - Pencahayaan Alami - Desain Kolam Renang Tropis - Dekorasi Ruang Luar Tropis - Rumah Minimalis - Interior DesignTampilan interior rumah dengan ventilasi terbuka di berbagai sudut

Sulit untuk tidak membicarakan tentang Paulo Mendes da Rocha ketika kita membicarakan tentang desain tropis. Arsitek Brasil ini terkenal berkat karyanya yang luar biasa dalam arsitektur tropis, seperti Kapel São Pedro atau Saint Peter Chapel.

Tempat ibadah ini dirancang sebagai satu elemen tunggal dan difokuskan pada satu tiang sentral. Tubuh betonnya dan atap betonnya membantu menjaga suhu moderat di iklim panas, dan dikelilingi oleh sistem pelapisan fasad kaca.

Desain tropis lain yang patut dicatat adalah Rumah Maleny oleh Bark Design Architects. Terletak di Sunshine Coast, Australia, tempat tinggal ini melintasi lereng gunung dengan pemandangan lanskap menakjubkan. Desain tropis dimulai dengan ventilasi dan pencahayaan alami melalui ruang internal transparan, dan penggunaan elemen kayu untuk melepaskan panas segera setelah matahari terbenam.

Desain Tropis di Indonesia

Desain Interior Rumah Tropis - Furnitur Tropis - Warna Tropis untuk Interior - Tanaman Hias dalam Rumah- Desain Kamar Mandi Tropis - Pencahayaan Alami - Desain Kolam Renang Tropis - Dekorasi Ruang Luar Tropis - Rumah Minimalis - Interior DesignTeras menjadi komponen penting yang bisa dinikmati bagi mereka yang tinggal di negara tropis

Sebagai negara dengan panjang terbesar garis khatulistiwa di darat dan laut, Indonesia akan sangat menguntungkan dengan menerapkan arsitektur tropis dalam konstruksinya. Di bawah ini kita akan menjelajahi beberapa karya yang patut dicatat di surga tropis “”.

Rumah Brennan di Bali, yang tersembunyi di hutan tropis hijau dan subur, dirancang oleh Alessandro Landi, adalah tempat tinggal luar biasa di Bali. Semua dinding eksteriornya terbuat dari kaca tanpa bingkai, dengan pintu geser yang digantung dari balok baja, dapat dilepas dari kolom baja ramping ketika suhu luar memungkinkan.

Selanjutnya, sebuah rumah di dalam hutan kota Jakarta Selatan menggambarkan bagaimana desain tropis adalah karya arsitektur menyegarkan. Konsultan arsitektur Gouw Architects memilih orientasi menghadap barat dan fasad berbentuk persegi panjang dapat mendapat manfaat dari lingkungan alami. Sebuah pohon bunga kamboja duduk di dekat area tunggu, dan sebuah kanopi jati membantu melindungi rumah dari air hujan dan panas.

Menuju bagian Barat Surabaya, ada rumah kolonial tropis seluas 1129 meter persegi yang didesain oleh desainer utama Raynaldo Kurnioseputro. Awalnya dibangun pada awal tahun 2000 dengan gaya mirip resor, rumah tiga lantai ini terlihat lebih menarik dengan sentuhan rumah kaca minimalis di bagian depan setelah direnovasi. Saat memasuki hampir semua ruang bangunan, pemilik dan tamu dapat menikmati pemandangan air mancur yang indah dan taman hijau yang menyenangkan.

Penulis :
Velove Valencia

Sumber foto :
Arch.daily

Baca juga :
Menciptakan Ruang Tamu yang Menawan: Tips Dekorasi Rumah yang Elegan dan Nyaman

the-tonik-4x1AyuOTIgo-unsplash.jpg
ann-KzamVRUeL4I-unsplash.jpg
Sapien eget mi proin sed libero enim. Tristique nulla aliquet enim tortor at. Sapien nec sagittis aliquam malesuada bibendum arcu vitae elementum curabitur. Id diam maecenas ultricies mi eget mauris pharetra et ultrices. Ac placerat vestibulum lectus mauris ultrices eros in cursus. In eu mi bibendum neque egestas congue quisque egestas. Porttitor massa id neque aliquam vestibulum. Neque viverra justo nec ultrices.
Picture of Christy Thomas

Christy Thomas

Felis donec et odio pellentesque diam volutpat commodo sed egestas. Mi ipsum faucibus vitae aliquet nec. Venenatis lectus magna fringilla urna

Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *