logo 9d home
Search
Close this search box.

Mengurangi Polusi Udara Di Rumah: 11 Tanaman Penyaring Udara Yang Berkhasiat

tanaman
Pernahkah Anda berpikir bahwa solusi untuk mengurangi polusi udara di rumah bisa sangat alami? Tanaman indoor tidak hanya memberikan keindahan visual, tetapi beberapa di antaranya juga memiliki kemampuan alami untuk menyaring dan membersihkan udara dari berbagai zat berbahaya. Dalam artikel ini, mari kita telusuri lebih detail tentang 11 tanaman yang dapat membantu mengurangi polusi udara di rumah Anda.
1. Aloe Vera (Aloe barbadensis miller):

Aloe vera bukan hanya tanaman hias yang indah, tetapi juga pembersih udara yang efektif. Kemampuannya menyaring zat kimia yang umumnya ditemukan dalam produk pembersih rumah tangga menjadikannya pilihan yang cerdas untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.
2. Spider Plant (Chlorophytum comosum):

Tanaman laba-laba adalah pilihan populer dengan daya tahan tinggi dan kemampuannya menyaring senyawa kimia seperti formaldehida dan benzene. Selain itu, tanaman ini mudah tumbuh dan cocok untuk pemilik tanaman pemula.
3. Snake Plant (Sansevieria trifasciata):

Dikenal sebagai lidah mertua, snake plant adalah tanaman yang tangguh dan tahan polusi. Efisien dalam menghilangkan formaldehida, benzene, dan xylene, menjadikannya pilihan unggul untuk membersihkan udara di dalam ruangan
4. Peace Lily (Spathiphyllum spp):

Peace lily tidak hanya menambah keindahan dengan bunga-bunganya yang cantik, tetapi juga membantu menyaring senyawa volatil organik dan benzene. Selain itu, tanaman ini dapat meningkatkan kelembaban udara di sekitarnya.
5. Bamboo Palm (Chamaedorea seifrizii):

Bamboo palm adalah tanaman penyaring yang efektif untuk senyawa kimia seperti formaldehida dan benzene. Selain manfaat penyaringannya, tanaman ini juga memberikan sentuhan dekoratif dengan daun-daunnya yang anggun.
6. Boston Fern (Nephrolepis exaltata):

Boston fern sangat efisien dalam menghilangkan senyawa volatil organik dan membantu menjaga kelembaban udara di dalam rumah. Cocok untuk ditempatkan di area dengan cahaya yang tidak terlalu terang.
7. Rubber Plant (Ficus elastica):

Rubber plant adalah tanaman kuat yang mampu menghilangkan formaldehida dari udara. Dengan tampilan daun yang mengkilap, tanaman ini tidak hanya berfungsi sebagai pembersih udara tetapi juga sebagai tambahan dekoratif.
8. Gerbera Daisy (Gerbera jamesonii):

Gerbera daisy adalah pilihan warna cerah yang tidak hanya mempercantik ruangan tetapi juga membantu menyaring senyawa kimia seperti trichloroethylene dan benzene.
9. English Ivy (Hedera helix):

English ivy efektif menghilangkan formaldehida dan benzene dari udara. Tanaman merambat ini juga dapat membantu mengurangi spora jamur, menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.
10. Chrysanthemum (Chrysanthemum morifolium):

Dikenal sebagai “mum,” chrysanthemum adalah penyaring udara yang efisien. Mampu menghilangkan senyawa kimia seperti formaldehida, benzene, dan amonia, menjadikannya tambahan berharga di dalam rumah.
11. Lavender (Lavandula spp):

Lavender tidak hanya menyajikan aroma yang menyegarkan, tetapi juga membantu membersihkan udara dari berbagai zat kimia berbahaya. Keberadaannya dapat menciptakan atmosfer yang lebih tenang dan nyaman di dalam rumah.
Tips untuk Menjaga Tanaman Penyaring Udara:
  • ¬†Letakkan tanaman di tempat yang mendapatkan cahaya yang cukup.
  • Airi tanaman secara teratur dan hindari penyiraman berlebih.
  • Pilih tanah yang sesuai dan berikan pupuk secukupnya.
  • Bersihkan daun tanaman secara berkala dari debu untuk memastikan kinerja penyaringan yang optimal.
Dengan merinci manfaat masing-masing tanaman penyaring udara ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih informasional dalam menciptakan lingkungan rumah yang bersih dan sehat. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memilih tanaman yang tepat untuk meningkatkan kualitas udara di rumah Anda.
the-tonik-4x1AyuOTIgo-unsplash.jpg
ann-KzamVRUeL4I-unsplash.jpg
Sapien eget mi proin sed libero enim. Tristique nulla aliquet enim tortor at. Sapien nec sagittis aliquam malesuada bibendum arcu vitae elementum curabitur. Id diam maecenas ultricies mi eget mauris pharetra et ultrices. Ac placerat vestibulum lectus mauris ultrices eros in cursus. In eu mi bibendum neque egestas congue quisque egestas. Porttitor massa id neque aliquam vestibulum. Neque viverra justo nec ultrices.
Picture of Christy Thomas

Christy Thomas

Felis donec et odio pellentesque diam volutpat commodo sed egestas. Mi ipsum faucibus vitae aliquet nec. Venenatis lectus magna fringilla urna

Read More
One thought on “Mengurangi Polusi Udara Di Rumah: 11 Tanaman Penyaring Udara Yang Berkhasiat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *